Tiger Shovelnose Catfish (TSN)

TIGER SHOVELNOSE CATFISH|BUKAN HARIMAU AIR TETAPI SALAH SATU LELE TERBESAR

Tiger shovelnose catfish atau lebih dikenal dengan nama ikan TSN di Indonesia adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, lele yang mengesankan ini adalah salah satu spesies lele terbesar di dunia karena ia dapat tumbuh hingga sepanjang 1 m dan berat lebih dari 50 kilogram! Dengan kepala pipih, tubuh atas abu-abu tua yang memanjang, tubuh bawah abu-abu muda keputihan dan pola garis gelap yang mencolok, ikan nokturnal ini aktif memangsa ikan dan kepiting di malam hari di sepanjang palung sungai dengan giginya yang tajam.

MORFOLOGI SATWA

Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dengan warna tubuh yang bervariasi, termasuk garis-garis gelap di sisi tubuh. Terdapat jenggot panjang pada bagian mulutnya yang membantu dalam pencarian mangsa.

PERILAKU

 Ikan ini adalah ikan predator nokturnal yang aktif memburu ikan dan kepiting.

HABITAT SATWA

Ikan ini menghuni sungai-sungai di wilayah Suriname, Corantijn, dan Essequibo. Biasanya mereka banyak ditemukan di dasar sungai.

MAKANAN SATWA

Makanan utama dari Tiger shovelnose catfish adalah ikan. Selain ikan, mereka juga memakan kepiting.

ANCAMAN TERHADAP SATWA

Seperti banyak spesies ikan, tiger shovelnose catfish atau yang dalam nama ilmiahnya disebut Pseudoplatystoma fasciatum, juga menghadapi ancaman dari perubahan habitat dan aktivitas manusia. Pengurangan habitat alami dan perburuan berlebihan dapat mempengaruhi populasi ikan ini.

FAKTA UNIK

Fakta unik dari ikan ini adalah, yang betina akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang Jantan. Ukuran maksimumnya bisa mencapai 90 cm atau sekitar 35 inchI dari ujung kepalanya hingga ekor.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara