Piranha Perut Merah

PIRANHA PERUT MERAH | KEAJAIBAN DI DUNIA SUNGAI AMERIKA SELATAN

Ikan Piranha Perut Merah, yang juga dikenal dengan nama ilmiah Pygocentrus nattereri, adalah makhluk menakjubkan yang mendiami sungai-sungai di Amerika Selatan.

MORFOLOGI SATWA

Ketika dewasa, Piranha Merah memiliki perut yang berwarna merah, sementara yang masih kecil berwarna keperakan dengan bintik-bintik gelap. Tubuhnya ramping dan memanjang, dengan sirip punggung yang tajam dan ekor yang kuat. Salah satu fitur paling menonjol adalah gigi-giginya yang sangat tajam. Piranha menggunakan gigi ini untuk memotong daging mangsa dengan presisi yang luar biasa.

PERILAKU DAN SUARA SATWA

Piranha Perut Merah dikenal sebagai pemakan daging yang ganas. Mereka berburu dalam kelompok besar dan dapat menghabiskan seekor ikan atau hewan yang lebih besar dari mereka dalam hitungan detik. Meskipun tidak sering terdengar, Piranha dapat mengeluarkan suara ketika berkomunikasi dengan sesama anggota kelompoknya. Suara ini biasanya terjadi selama momen ketegangan atau persaingan.

HABITAT SATWA

Piranha hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan, terutama di daerah Amazon. Mereka memilih habitat dengan air yang cukup dalam dan vegetasi yang melimpah.

MAKANAN SATWA

Piranha adalah pemakan daging sejati. Mereka memangsa ikan, serangga, dan bahkan mamalia kecil. Gigi tajam mereka memungkinkan mereka memotong daging dengan mudah.

ANCAMAN TERHADAP SATWA

Meskipun Hollywood sering menggambarkan Piranha sebagai makhluk yang sangat berbahaya, kenyataannya mereka tidak seberbahaya itu. Namun, perburuan berlebihan dan kerusakan habitat mengancam populasi Piranha.

FAKTA UNIK

Piranha Perut Merah dapat tumbuh hingga 33 cm dengan berat mencapai 3,5 kg. Mereka sering dibudidayakan sebagai ikan hias di seluruh dunia.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara