Tetra Meksiko

TETRA MEKSIKO | KEAJAIBAN DI DUNIA AIR TAWAR

Ikan Tetra Meksiko, yang juga dikenal dengan nama ilmiah Astyanax mexicanus, adalah makhluk menakjubkan yang tidak dapat melihat yang menghuni perairan air tawar.

MORFOLOGI SATWA

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang khas untuk keluarga characin, dengan sisik yang berwarna perak dan tidak mencolok. Namun, bentuk khususnya yang hidup di gua sangat menarik perhatian karena tidak memiliki mata atau pigmen. Ikan gua ini berwarna merah muda-putih, menyerupai albino.

PERILAKU DAN SUARA SATWA

Beberapa populasi ikan gua ini telah kehilangan penglihatan sepenuhnya, sementara yang lain hanya memiliki penglihatan terbatas. Meskipun buta, mereka tetap dapat bergerak dengan bantuan garis lateral yang sangat sensitif terhadap perubahan tekanan air.

HABITAT SATWA

Ikan Tetra Meksiko berasal dari wilayah Nearktik, terutama di bagian bawah Sungai Rio Grande dan Sungai Neueces serta Pecos di Texas, Amerika Serikat, serta bagian tengah dan timur Meksiko. Mereka menghuni perairan berbatu dan berpasir di kolam dan aliran sungai.

MAKANAN SATWA

Ikan Tetra Meksiko adalah makhluk omnivora. Mereka memakan krustasea, serangga, dan cacing. Di alam liar, mereka memburu mangsa dengan presisi yang luar biasa.

ANCAMAN TERHADAP SATWA

Populasi ikan Tetra Meksiko terancam oleh perburuan berlebihan dan kerusakan habitat. Kita perlu menjaga keberadaan mereka agar keajaiban ini tetap hadir di dunia air tawar.

FAKTA UNIK

Ikan gua Tetra Meksiko dapat tumbuh hingga panjang maksimum 12 cm. Meskipun buta, mereka masih dapat beradaptasi dengan lingkungan gua menggunakan garis lateral yang sensitif.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara