Biawak Komodo

Komodo Sang Reptil Purba Asli Indonesia

Komodo (Varanus komodoensis) merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hanya ada di Indonesia. Reptil besar ini masuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia pada tanggal 11 November 2011. Walaupun bertubuh besar namun jenis ini masuk kedalam spesies yang terancam punah.

Morfologi dan Perilaku

Komodo memiliki panjang tubuh hingga 3 meter dengan berat mencapai 70kg. Komodo jantan biasanya memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan komodo betina. Komodo memiliki kulit kasar bersisik untuk melindungi tubuhnya. Komodo adalah hewan yang hidup soliter atau sendiri-sendiri dan hanya berkumpul saat musim kawin atau saat mencari makan. Meski penampakan komodo terlihat buas dan menyeramkan, komodo suka bermain dan berkejar-kejaran.

Habitat dan Makanan

Habitat asli komodo berada di Pulau Komodo yang berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Habitat komodo banyak ditemui di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan sebagian kecil di bagian utara dan barat Flores. Komodo adalah karnivora sejati, yang berarti makanan utamanya adalah daging, termasuk daging hewan seperti rusa, kambing, dan babi.

Ancaman

Pada tahun 2021, International Union of Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) menetapkan komodo sebagai hewan yang terancam punah atau Endangered (EN) karena perubahan iklim, hilangnya habitat, dan kurangnya jumlah makanan.

Fakta Unik

Komodo betina dapat bereproduksi secara aseksual melalui proses yang disebut partenogenesis. Jika tidak ada jantan, komodo betina masih bisa bertelur. Komodo juga dikenal memiliki indera penciuman yang kuat. Komodo diketahui dapat mencium bau sampai jarak 5-11 kilometer.

Taksonomi

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Squamata

Famili : Varanidae

Genus : Varanus

Spesies : Varanus komodoensis

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara