Boa Pembelit

BOA PEMBELIT / BOA CONSTRICTOR

DISTRIBUSI

Boa Constrictor adalah spesies ular besar, tidak berbisa, dan berbadan berat yang sering dipelihara dan diternakkan dalam penangkaran. Spesies ini berasal dari Amerika Selatan.. Boa Constrictor dapat ditemukan di berbagai habitat mulai dari hutan hujan tropis hingga semi gurun. Mereka terletak di Amerika Selatan, di seluruh cekungan Amazon, di bagian besar Brasil, hingga ke wilayah utara Argentina

DESKRIPSI MORFOLOGI

Boa Constrictor memiliki warna dasar coklat, abu-abu, atau krim, ditutupi dengan tanda berbentuk pelana berwarna coklat atau merah-coklat yang semakin menonjol menuju ekor. Kepala mereka lebar dan sedikit rata, dengan rahang yang menonjol. Salah satu yang paling mencolok dari Boa Constrictor adalah variasi warna dan pola yang luar biasa. Boa dapat menunjukkan berbagai nuansa, termasuk hijau, merah, kuning, dan berbagai nuansa di antaranya.

PERILAKU

Seperti kebanyakan ular, Boa Constrictor adalah hewan soliter dan nokturnal. Mereka menghabiskan hari mereka bersembunyi di cabang dan lubang dan sering merencanakan penyergapan nokturnal mereka dari pohon. Selain itu, Boa Constrictor berenang cukup baik, jadi tidak jarang menemukannya tenggelam di rawa.

TIPE PAKAN

Boa Constrictor adalah karnivora yang perlu makan hewan utuh untuk bertahan hidup dan sehat. Mereka memakan hampir semua hewan yang bisa mereka tangkap, termasuk tikus, burung besar, kadal, dan bahkan mamalia lebih besar seperti ocelot.

TIPE HABITAT

Spesies ini hidup di berbagai ekosistem yang berbeda. Di alam liar, mereka lebih suka berada di tepi hutan hujan, tetapi mereka juga menduduki padang rumput, semak-semak, hutan. Kita juga dapat menemukan mereka di dekat daerah riparian – yang merupakan daerah di sepanjang sungai dan danau.

FAKTA MENARIK

  1. Boa Constrictor tidak membunuh mangsanya melalui penyekatan. Mereka menggunakan tubuh mereka yang berotot untuk memotong sirkulasi darah mangsa mereka
  2. Boa Constrictor tidak menggunakan gigi mereka untuk mengunyah. Gigi mereka digunakan untuk menggigit dan menahan mangsa sementara mereka membungkus tubuh mereka yang berotot di sekitar mangsa mereka.
  3. Boa Constrictor perlahan-lahan memakan makhluk yang lebih besar seiring mereka tumbuh.
  4. Boa Constrictor mencerna mangsanya melalui asam lambung yang sangat kuat.
  5. Boa Constrictor adalah ular yang panjang umurnya. Mereka terus tumbuh sepanjang rentang hidup mereka yang bisa mencapai 25 hingga 30 tahun. Boa Constrictor terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 18 kaki.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara