Kura Leher Panjang Papua

KURA LEHER PANJANG PAPUA | KEAJAIBAN DI HUTAN PAPUA

Papua, pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati, menyimpan satu harta karun yang unik: kura leher panjang Papua.

MORFOLOGI SATWA

Kura leher Panjang Papua berwarna coklat gelap hampir hitam dengan variasi pola yang menarik. Mereka memiliki plastron yang berwarna coklat muda hingga krem. Leher yang panjang, bahkan kadang melebihi panjang karapasnya. Mayoritas berwarna abu-abu, dengan kepala hitam dan bagian bawah tubuh putih.

PERILAKU DAN SUARA SATWA

Kura leher panjang Papua melipat lehernya ke samping sebagai bentuk perlindungan. Mereka memiliki leher yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan kura ini mencari makan di lumpur dan berenang seperti snorkeling. Lehernya yang Panjang juga memungkinkan kura menangkap mangsa dengan cepat.

HABITAT SATWA

Kura leher panjang Papua mendiami perairan tawar, baik yang kecil maupun besar, serta sungai hutan dengan vegetasi yang melimpah.

MAKANAN

Makanan utama kura ini meliputi ikan, serangga, dan krustasea.

ANCAMAN TERHADAP SATWA

Meskipun status konservasi kura leher panjang Papua saat ini Least Concern (risiko rendah), perubahan habitat dan perburuan ilegal tetap menjadi ancaman.

FAKTA UNIK

Kura ini dapat memperpanjang lehernya hingga melebihi panjang karapas, menjadikannya salah satu spesies yang paling menarik di Papua.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara