Katak Pohon Hijau

Katak Pohon Hijau: Si Penerbang Hijau di Atas Pohon

Rhacophorus reinwardtii, atau yang sering disebut katak pohon Reinwardt, adalah spesies katak yang memiliki kemampuan unik untuk “terbang” atau meluncur di antara pohon-pohon. Spesies ini menarik perhatian para ilmuwan dan pecinta alam karena perilaku dan adaptasi biologisnya yang luar biasa.

Morfologi dan Perilaku

Betina memiliki tubuh lebih besar dari jantan, dengan panjang 3,5 inci (8,9 cm). Betina memiliki warna hijau muda atau hijau tua dan memiliki bintik hitam di sekitar punggung dan kepalanya. Jantan dapat memiliki lebih banyak warna pada sisi perutnya, seperti oranye, hijau, ungu, hitam, dan kuning. Mereka dikenal karena suara khas yang digunakan untuk menarik pasangan dan berkomunikasi dengan katak lain.

Habitat dan Makanan

Katak pohon hijau atau Rhacophorus reinwardtii umumnya ditemukan di hutan hujan tropis di Asia Tenggara. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di kanopi hutan, yang memberikan perlindungan dari predator dan sumber makanan yang melimpah. Katak pohon hijau biasanya memakan serangga hingga invertebrata kecil lainnya.

Ancaman

Katak pohon hijau mengalami ancaman dari kerusakan habitat dan perubahan iklim. Kerusakan habitat seringkali terjadi karena perbuatan manusia yang merusak ekosistem hutan maupun ekosistem alam lainnya.

Fakta Unik

Katak pohon hijau merupakan amfibi arboreal atau hidup di pohon. Katak pohon hijau memiliki sifat nocturnal atau aktif di malam hari.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara