Undan kacamata

Burung Undan Kacamata (Pelecanus conspicillatus): Satwa Air yang Menawan

Burung undan kacamata atau Australian pelican, adalah salah satu spesies burung air yang menarik dan unik. Dengan paruh terpanjang di dunia burung dan penampilan yang mencolok, burung ini telah menjadi subjek penelitian dan kekaguman selama berabad-abad.

Morfologi Satwa

Burung undan kacamata adalah burung air berukuran besar dengan panjang sayap antara 2,3 hingga 2,6 meter. Bobotnya berkisar antara 4 hingga 13 kg, meskipun sebagian besar burung ini memiliki bobot antara 4,54 hingga 7,7 kg. Paruhnya yang berwarna merah muda pucat sangat besar, bahkan untuk ukuran pelikan, dan merupakan paruh terbesar di dunia burung. Paruh terpanjang yang pernah tercatat memiliki panjang 50 cm. Secara keseluruhan, burung undan kacamata memiliki warna yang didominasi putih. Ada panel putih di sayap atas dan huruf V putih di ekor yang bersebelahan dengan hitam di sepanjang bulu primer.

Perilaku dan Suara Satwa

Burung undan kacamata sangat mobile, mencari area air yang cocok dan pasokan makanan yang memadai. Mereka tidak mampu terbang dengan gerakan sayap yang berkelanjutan, tetapi dapat tetap di udara selama 24 jam, menempuh jarak ratusan kilometer. Mereka adalah pengapung yang sangat baik dan dapat menggunakan termal untuk naik ke ketinggian yang cukup besar.

Habitat Satwa

Spesies ini dapat ditemukan di wilayah yang luas di daratan utama Australia dan Tasmania. Burung undan kacamata terutama ditemukan di wilayah air terbuka yang luas tanpa vegetasi air yang padat. Habitat yang dapat mendukung mereka termasuk danau besar, waduk, billabongs, dan sungai, serta estuari, rawa, area yang tergenang air sementara di zona kering, saluran drainase di lahan pertanian, kolam penguapan garam, dan laguna pesisir.

Makanan Satwa

Pelikan umumnya adalah pemakan daging (piscivores), mereka umumnya memakan ikan, tetapi diet mereka juga mencakup krustasea, berudu, udang dan, kadang-kadang, kura-kura. Untuk minum, mereka membuka paruh mereka dan mengumpulkan air hujan.

Ancaman terhadap Satwa

Meskipun burung undan kacamata memiliki jangkauan yang sangat luas, mereka tidak mendekati ambang batas Rentan berdasarkan kriteria ukuran jangkauan (Luas Wilayah <20.000 km dikombinasikan dengan penurunan atau fluktuasi ukuran jangkauan, luas/ kualitas habitat, atau ukuran populasi dan sejumlah kecil lokasi atau fragmentasi parah).

Fakta Unik

Burung undan kacamata memiliki paruh terpanjang di dunia burung. Meskipun ukurannya besar, burung undan kacamata sangat mengapung sehingga mereka tidak bisa tenggelam di bawah air. Mereka juga dapat terbang jarak jauh dan telah tercatat pada ketinggian 3000 meter.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara