Trulek topeng

Burung Trulek Topeng (Vanellus miles): Satwa Eksotis dari Australia

Burung Trulek Topeng atau Masked Lapwing adalah satwa yang menarik dan unik. Ditemukan di Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini, burung ini memiliki ciri khas dan perilaku yang membuatnya menjadi subjek yang menarik untuk diteliti.

Morfologi Satwa

Burung Trulek Topeng adalah burung yang besar, umum, dan mencolok. Burung ini memiliki paruh yang kuat dan kaki yang panjang, yang memungkinkannya untuk mencari makanan di tanah. Burung ini memiliki mahkota hitam dan sayap coklat dengan bagian bawah yang terutama putih. Burung ini memiliki leher putih dan jumbai kuning besar dengan jantan memiliki topeng dan jumbai yang lebih besar.

Perilaku dan Suara Satwa

Burung Trulek Topeng menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah mencari makanan seperti serangga dan cacing, dan memiliki beberapa panggilan yang khas. Burung ini dikenal karena perilaku menerkamnya yang defensif selama musim berbiak. Suara panggilan peringatan burung ini adalah suara keras “kekekekekekekek”.

Habitat Satwa

Burung Trulek Topeng menghuni rawa-rawa, lumpur, pantai, dan padang rumput. Burung ini sering terlihat di daerah perkotaan. Di mana burung ini terbiasa dengan kehadiran manusia, ia mungkin dapat mentolerir kedekatan; jika tidak, burung ini sangat waspada terhadap orang, dan jarang membiarkan pendekatan yang dekat.

Makanan Satwa

Burung Trulek Topeng memakan serangga dan larva mereka, serta cacing tanah. Sebagian besar makanan diperoleh dari tepat di bawah permukaan tanah, tetapi beberapa mungkin juga diambil di atas permukaan.

Ancaman terhadap Satwa

Burung Trulek Topeng terkenal karena pertahanannya terhadap situs sarangnya, menyelam pada penyusup, atau bertindak seolah-olah memiliki sayap yang patah untuk menarik penyusup menjauh dari sarang.

Fakta Unik

Ada dua subspesies burung Trulek Topeng yang biasa ditemukan di Australia. Subspesies selatan memiliki hitam di leher belakang dan sisi dada, dan memiliki jumbai wajah yang lebih kecil. Burung utara lebih kecil, tanpa kerah hitam sebagian, tetapi memiliki jumbai yang jauh lebih besar, yang mencakup sebagian besar sisi wajah.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara