Jenjang mahkota abu-abu

Burung Jenjang Mahkota Abu-abu

Burung jenjang mahkota abu-abu (Balearica regulorum) juga dikenal sebagai burung jenjang Afrika, burung jenjang berjambul emas.

Morfologi Satwa

Burung jenjang mahkota abu-abu memiliki tinggi sekitar 1 m, berat 3,5 kg, dan memiliki rentang sayap 2 m. Bulu tubuhnya sebagian besar berwarna abu-abu. Sayapnya sebagian besar berwarna putih tetapi mengandung bulu dengan berbagai warna, dengan bercak hitam yang khas di bagian atas. Kepala memiliki mahkota bulu emas yang kaku.

Perilaku dan Suara Satwa

Burung jenjang mahkota abu-abu dan burung jenjang hitam adalah satu-satunya burung jenjang yang dapat bertengger di pohon, berkat jari kaki belakang panjang yang dapat memegang cabang.

Habitat Satwa

Burung jenjang mahkota abu-abu dapat ditemukan di savana kering di Sub-Sahara Afrika, meskipun mereka bersarang di habitat yang sedikit lebih basah. Mereka juga dapat ditemukan di rawa, lahan pertanian, dan dataran rumput dekat sungai dan danau di Uganda dan Kenya dan sejauh ke selatan Afrika Selatan.

Makanan Satwa

Burung jenjang mahkota abu-abu memiliki diet yang beragam, termasuk buah-buahan, biji-bijian, dan beberapa jenis serangga.

Ancaman terhadap Satwa

Meskipun status konservasi burung jenjang mahkota abu-abu saat ini adalah Terancam Punah (IUCN), perubahan habitat dan perburuan bisa menjadi ancaman bagi spesies ini.

Fakta Unik

Salah satu fakta unik tentang burung jenjang mahkota abu-abu adalah cara mereka bersarang. Spesies ini bersarang dalam koloni besar yang bisa mencapai ratusan sarang. Mereka melubangi batang pohon mati untuk bersarang, mirip dengan gaya burung pelatuk.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara