Jalak bali

JALAK BALI: SI CANTIK PUTIH, BURUNG PULAU DEWATA

Jalak bali (Leucopsar rothschildi), juga dikenal sebagai “mynah Rothschild” atau “mynah Bali” adalah spesies penghuni asli pulau dewata Bali, yang di mana ia merupakan satu-satunya spesies vertebrata endemik di pulau tersebut. Spesies ini menarik dengan jambul yang Panjang dan terkulai yang dimilikinya.

Morfologi dan Perilaku

Leucopsar rothschildi adalah burung jalak berukuran sedang dengan panjang sekitar 25 cm, warnanya hampir seluruh nya berwarna putih dengan ujung sayap dan ujung ekor berwarna hitam. Pada Jantan memiliki jambul yang lebih panjang dan memiliki ukuran yan jauh lebih besar daripada betina. Keduanya memiliki mata berwarna coklat tua, paruh yang runcing sekitar Panjang 2-3 cm dengan warna abu-abu kehitaman dan ujung kuning kecoklatan. Leucopsar rothschildi merupakan jenis burung yang suka terbang secara rombongan dan cenderung aktif di siang hari (diurnal). Spesies ini gemar bermain air untuk membersihkan bulunya sehingga bulu-bulu nya akan mengkilap dan semakin bercahaya.

Habitat dan Makanan

Habitat asli Leucopsar rothschildi berada di pulau Bali, spesies ini menyukai beberapa tipe habitat berbeda seperti; hutan mangrove, hutan rawa, hutan musim dataran rendah dan daerah savana. Dan saat ini, populasi terbesar spesies ini hidup di Taman Nasional Bali Barat. Di alam liar, spesies ini memakan berbagai macam serangga dan buah- buahan, termasuk bidara (Ziziphus mauritiana), murbei (Morus alba), papaya (Carica papaya), dan sawo kecik (Manilkara kauki).

Ancaman

Ancaman utama bagi Leucopsar rothschildi adalah perburuan liar, usaha perbuuruan liar sampai saat ini masih terus berlangsung, bulunya yang indah dan suaranya yang merdu menjadikan target perburuan liar karena permintaan pasar yang tinggi sebagai hewan peliharaan. Karena itu Upaya pelestarian dan penegakan hukum perlu dilakukan untuk melindungi spesies ini dari kepunahan.

Fakta Unik

Leucopsar rothschildi memiliki area sekitar mata yang tidak berbulu dan berwarna biru tua yang cukup mencolok, selain itu spesies ini dikenal romantis sejati di karenakan ketika menemukan pasangan, Leucopsar rothschildi akan melakukan aktivitasnya secara berdua dengan pasangannya.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara