Pelangi Ayamaru

PERMATA PELANGI DARI PAPUA

Ikan Rainbow Ayamaru adalah permata air tawar yang berasal dari Papua Barat, Indonesia. Dijuluki “Ayamaru” karena habitat asalnya di Pegunungan Cyclops, Papua Barat, ikan ini memikat para pecinta akuarium dengan corak unik dan keceriaan yang mereka bawa.

Morfologi dan Perilaku

Ikan pelangi merah termasuk dalam famili Melanotaeniidae. Tubuhnya memanjang dengan kulit berwarna abu-abu dan daging tebal berwarna merah tua. Punggungnya berwarna merah-brown, dan bagian bawah tubuhnya berwarna kuning atau tan. Garis horizontal berwarna merah-brown menghiasi sisi tubuhnya. Warna dasar tubuhnya bervariasi antara biru metalik hingga kuning atau hijau. Panjang maksimalnya sekitar 10 cm.

Habitat dan MakananĀ 

Ikan pelangi merah hidup di perairan tawar dan endemik di Danau Ayamaru di Papua Barat, Indonesia.
Mereka aktif berenang dan cocok ditempatkan dalam akuarium komunitas yang berisi tanaman air.
Meskipun damai dengan sebagian besar spesies, ukuran dan aktivitas mereka mungkin terlihat mengintimidasi bagi ikan lain yang lebih pemalu. Mereka memakan plankton dan serangga air.

Ancama

Perlindungan habitat dan pengelolaan perairan penting untuk memastikan kelangsungan hidupnya. Pada status IUCN tercatat sebagai Critical Endangered atau Terancam Kritis

Fakta MenarikĀ 

Ikan ini memiliki warna yang memukau dan menjadi daya tarik dalam akuarium. Dalam pemeliharaan, disarankan untuk memiliki akuarium yang luas (minimal empat kaki) agar mereka dapat berenang dengan leluasa dan menampilkan gerakan cepat yang khas.

 

 

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara