Carbo Papua

KEAJAIBAN DI PERAIRAN PAPUA

Hephaestus carbo, juga dikenal sebagai coal grunter atau black grunter, adalah spesies ikan air tawar yang termasuk dalam keluarga Terapontidae. Ikan ini endemik di sungai-sungai di utara Australia. Tubuh Hephaestus carbo berbentuk oval dan sedikit terkompresi. Warna tubuh dan siripnya seragam hitam dengan bintik-bintik emas di kepala dan tubuh. Pada tahap juvenil, ikan ini lebih berwarna dengan tanda kuning cerah hingga oranye dan cincin merah-oranye di sekitar mata.

Morfologi dan Perilaku 

Ikan ini cenderung berenang di perairan yang jernih dengan substrat pasir, meskipun kadang-kadang juga ditemukan di perairan keruh dengan substrat lumpur. Mereka memangsa ikan kecil dan krustasea, terutama udang. Pemijahan terjadi mulai November hingga awal musim gugur di bulan Maret, dan pejantan tidak mengasuh telur.

Habitat dan Makanan 

Hephaestus carbo lebih suka hidup di bagian atas sistem drainase sungai pantai dengan suhu air selalu di atas 15 °C. Mereka memangsa ikan kecil dan krustasea, terutama udang. Ikan ini mencapai kematangan seksual pada panjang sekitar 13 cm.

Ancaman

Populasi Hephaestus carbo masih melimpah di sebagian wilayahnya, sehingga IUCN memberikan status “Least Concern” pada spesies ini.

Fakta Menarik 

Fakta uniknya adalah pada tahap juvenil, ikan ini memiliki warna yang lebih mencolok dengan tanda kuning hingga oranye dan cincin merah-oranye di sekitar mata.

 

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara