Blosso Butis

BUTIS SI KEAJAIBAN DI DUNIA BAWAH AIR

Butis butis, juga dikenal sebagai crazy fish, duckbill sleeper, atau upside-down sleeper, adalah spesies ikan goby yang berasal dari habitat pesisir air payau dan air tawar di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat, mulai dari pantai Afrika hingga Kepulauan Fiji. Ikan ini lebih suka hidup di perairan yang banyak ditumbuhi vegetasi dan sering ditemukan di rawa bakau. Meskipun kecil dan berwarna kusam, panjang maksimumnya hanya mencapai 15 cm 12.

Morfologi dan Perilaku 

Ikan blosso butis memiliki tubuh yang terkompresi secara lateral. Kepala subsilindris dan datar dorsoventral, dengan mulut yang sangat besar dan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Ikan ini memiliki perilaku unik, yaitu berenang secara vertikal atau bahkan terbalik saat berburu mangsa.

Habitat dan Makanan 

Butis butis hidup di perairan payau yang banyak ditumbuhi vegetasi, terutama di rawa bakau. Mereka memangsa ikan kecil, serangga air, dan krustasea.

Ancaman

Populasi Butis butis masih melimpah di sebagian wilayahnya, sehingga IUCN memberikan status “Least Concern” pada spesies ini.

Fakta Unik 

Fakta uniknya adalah kebiasaan ikan ini berenang terbalik saat berburu mangsa.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara