Penelitian Mahasiswa/i Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Strategi Pengelolaan Ekowisata Taman Burung Jagat Satwa Nusantara

Sekelompok mahasiswa dan mahasiswi semester 4 vokasi Institut Pertanian Bogor jurusan Ekowisata, telah melakukan penelitian yang bertemakan “Praktik Pengelolaan Ekowisata” yang terjadi di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 – 28 Juni 2024 dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung serta konservasi satwa dan tumbuhan yang ada di kawasan Taman Burung Jagat Satwa Nusantara. 

Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Taman Burung Jagat Satwa Nusantara memiliki vegetasi lebat dengan berbagai jenis pohon seperti beringin dan matoa, yang mendukung ekosistem sehat bagi ribuan burung dari lebih dari 200 spesies, termasuk Elang Jawa yang langka. Topografi taman yang bergelombang, suhu rata-rata 26°C hingga 33°C, dan tanah aluvial membuatnya menjadi habitat ideal bagi flora dan fauna yang ada.

Akses untuk ke Taman Burung sendiri sangat mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum, serta shuttle bus yang sudah disediakan oleh pihak Jagat Satwa Nusantara maupun Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain itu, Taman Burung memiliki sistem pengelolaan kebersihan yang terstruktur yang dibagi menjadi empat zona, dengan staf housekeeping yang berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk pengangkutan sampah.

Untuk mempermudah pengunjung, Taman Burung juga menyediakan pusat informasi dan interpretasi serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan satwa dengan menyediakan klinik hewan di lokasi. Penyebaran pengunjung diatur agar tidak terjadi penumpukan di satu tempat, dengan daya tarik wisata tersebar di berbagai sudut taman. Dalam upaya pengembangan, Taman Burung menawarkan pengalaman unik seperti restoran dalam gua dan shuttle khusus Jagat Satwa Nusantara, serta fasilitas yang nyaman dan lengkap. Pengelolaan sumber daya manusia dilakukan dengan prosedur dan kriteria yang ketat, sementara sumber daya wisata diawasi oleh zookeeper yang memberi pakan dan menjaga kesehatan satwa.

Pada penelitian yang dilakukan mahasiswa dan mahasiswi semester 4 vokasi Institut Pertanian Bogor jurusan Ekowisata menegaskan bahwa komitmen Jagat Satwa Nusantara dalam meningkatkan pengelolaan ekowisata di Taman Burung dengan fokus pada kesejahteraan satwa, kenyamanan pengunjung, dan kelestarian lingkungan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat menjadikan Taman Burung sebagai destinasi ekowisata yang lebih baik dan berkelanjutan di masa depan.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara