Elang Harpy Papua

Elang Harpy Papua: Sang Raja Hutan Hujan Papua

Harpyopsis novaeguineae, juga dikenal sebagai Elang Harpy Papua, adalah burung pemangsa besar yang endemik di hutan hujan lebat Papua.

Morfologi dan Perilaku

Elang Harpy Papua memiliki postur yang besar dan kebiasaan hidup di hutan. Spesies ini ditandai dengan bulu berwarna coklat abu-abu dengan bagian bawah berwarna krim, dan ekor panjang yang dihiasi dengan pita hitam. Elang ini memiliki paruh yang kuat dan mata besar dengan iris berwarna coklat hingga oranye.

Elang Harpy Papua adalah predator burung yang sangat cepat dan gesit di daratan, dan mampu mengejar mangsa di lantai hutan.

Habitat dan Makanan

Elang Harpy Papua, tersebar luas di seluruh New Guinea, mulai dari Papua bagian Indonesia di barat hingga Papua New Guinea di timur. Spesies ini mendiami berbagai ketinggian, mulai dari permukaan laut hingga 2.000 meter, dan kadang-kadang pada ketinggian antara 3.200 hingga 3.700 meter. Elang ini hidup di hutan primer dan hutan pegunungan.

Raptor ini memangsa berbagai mamalia, termasuk kanguru pohon, dan berbagai jenis tikus. Burung, reptil, dan sebagainya. Elang Harpy Papua adalah predator oportunis, menargetkan mangsa berukuran cukup besar.

Ancaman

Elang Harpy Papua mengalami ancaman penghancuran habitat oleh deforestasi, serta perburuan. Karena populasi kecil dan menurun, spesies ini telah diklasifikasikan sebagai rentan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Fakta Unik

Elang Harpy Papua dikenal mendengarkan gerakan mangsa di semak-semak dan menghabiskan waktu di tanah untuk berburu mangsa seperti megapodes dengan gesit.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara