Elang bondol

Elang Bondol (Haliastur indus)

Judul : Keindahan dan Kekuatan Pemangsa Langit

Ringkasan :

Elang bondol (Haliastur indus) merupakan salah satu jenis burung pemangsa yang menduduki posisi sebagai top predator. Berkembang biak secara bertelur (ovipar) dan menghasilkan telur mulai dari 1-2 butir dengan masa pengeraman selama 28-35 hari.

Mofologi dan Perilaku :

Haliastur indus berkuran sedang (43–51 cm), memiliki sayap yang lebar dengan ekor pendek dan membulat ketika membentang. Bagian kepala, leher dan dada berwarna putih, sisanya berwarna merah bata pucat, bagian ujung bulu primer berwarna hitam, dan tungkai berwarna kuning. Pada individu anak secara keseluruhan berwarna coklat gelap, pada beberapa bagian bergaris-garis putih mengkilap. Haliastur indus merupakan salah satu burung pemangsa yang hidup soliter Haliastur indus menangkap mangsanya di atas permukaan air dengan cakarnya. Haliastur indus cukup umum ditemukan di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Habitat dan Makanan :

Di Indonesia, penyebarannya ada di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Habitat terbaik untuk Haliastur indus adalah area tepi laut yang berlumpur seperti hutan mangrove, muara sungai, dan pesisir pantai. Burung ini juga dapat ditemukan di lahan basah seperti sawah dan rawa. Haliastur indus merupakan satwa pemakan daging (karnivora) meliputi ikan, udang, kepiting, anak ayam, dan juga mamalia kecil. Satwa ini dapat memakan mangsanya saat terbang.

Ancaman :

Spesies ini memiliki kisaran yang sangat luas, dan karenanya tidak mendekati ambang batas, saat ini diklasifikasikan sebagai Least Concern (LC) di Daftar Merah IUCN. Haliastur indus merupakan salah satu burung pemangsa yang salah satunya memangsa hewan pengerat, karenanya spesies ini sangat membantu petani untuk mengontrol hama tikus di wilayah persawahan

Fakta unik :

Haliastur indus sedikit berisik saat menjelang musim berbiak dengan panggilan merengek seperti bayi dan kadang bersiul berulang saat terbang. Elang ini terbang melayang dan membumbung di sekitar badan air dan menyambar mangsa di permukaan air.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara