Siluk Merah

Siluk Merah Satwa Air Tawar Asia Tenggara yang Mengagumkan

Siluk Merah atau Arowana Asia (Scleropages formosus) adalah spesies ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang dan sirip anal yang terletak jauh di belakang badan. Ikan ini juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.

Morfologi dan Perilaku

Siluk Merah memiliki kepala yang keras dan tubuh yang panjang, ditutupi oleh sisik besar dan berat dengan pola kanal mosaik. Sirip dorsal dan anal memiliki struktur lunak dan berbasis panjang, sedangkan sirip pectoral dan ventral relatif kecil. Siluk Merah adalah ikan predator yang umumnya memakan ikan lain. Ikan ini juga dikenal sebagai “Ikan Naga” karena sering dikaitkan dengan naga dalam Mitologi Tionghoa, dimana gerakannya yang mirip sebuah naga ketika berenang di perairan dan umumnya ikan ini berada di permukaan air.

Habitat dan Makanan

Siluk Merah adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Selain Indonesia, Siluk Merah juga ditemukan di Malaysia, Thailand, Kamboja, dan beberapa bagian Myanmar. Namun Habitat asli Siluk Merah (Super Red) adalah di Kalimantan terutama Taman Nasional Danau Sentarum dan ada usulan untuk jenis Scleropages formosus  di pecah menjadi 4 jenis baru dan Siluk merah menjadi jenis Scleropages legendrei yang distribusinya endemik di Kalimantan. Pakan alami dari Siluk Merah adalah mikrokrustasea, insekta, ikan kecil, krustasea, dan beberapa material tumbuhan.

Ancaman

Jumlah populasi Siluk Merah menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh orang-orang Asia. Siluk Merah termasuk dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah atau Endangered (EN)” oleh IUCN tahun 2004.

Fakta Unik

Siluk Merah juga dikenal sebagai ikan purba yang hingga kini masih bertahan. Ikan ini sangat populer dan banyak dicari karena warna dan bentuknya yang sangat indah. Menurut National Geographic, ikan arwana merupakan ikan akuarium termahal di dunia.

Taksonomi

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Osteoglossiformes

Famili : Osteoglossidae

Genus : Scleropages

Spesies : Scleropages formosus

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara