Ikan Jelawat

Ikan Jelawat: Satwa Air Tawar yang Mengagumkan

Ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii), juga dikenal sebagai mad barb atau sultan fish, adalah spesies ikan dalam keluarga barb. Ikan ini memiliki banyak keunikan dan penting untuk dipahami lebih lanjut.

Morfologi dan Perilaku

Ikan jelawat dapat mencapai panjang hingga sekitar 1 meter. Spesies ini memiliki garis hitam longitudinal pada tubuhnya ketika masih muda.

Ikan jelawat adalah penghuni perairan tengah hingga dekat dasar dan sering hidup dalam kelompok. Meskipun dilaporkan tidak bermigrasi, ikan ini pasti berpartisipasi dalam migrasi trofik lokal dari hutan yang tergenang air.

Habitat dan Makanan

Ikan jelawat adalah spesies air tawar yang berasal dari Semenanjung Melayu, Borneo, dan Sumatra. Di Malaysia semenanjung, spesies ini hanya ditemukan di negara bagian Perak dan Pahang. Ikan ini membutuhkan oksigen terlarut tinggi dalam lingkungan hidupnya.

Ikan jelawat adalah omnivora. Isi perut ikan jelawat menunjukkan tanda-tanda diet omnivora, terutama udang, larva serangga, dan bahan hijau. Analisis perut spesimen liar telah menunjukkan bahwa ikan ini memakan materi tanaman, zooplankton, dan invertebrata yang lebih besar, baik akuatik maupun terestrial.

Ancaman

Ikan jelawat adalah ikan makanan yang sangat dihargai di Malaysia, menjadi salah satu ikan termahal di negara itu. Spesimen liar dapat dijual dengan harga ribuan ringgit. Karena hal ini, ikan ini sering ditangkap berlebihan dan sekarang jarang ditemukan di alam liar, yang semakin meningkatkan nilai mereka dan insentif nelayan lokal untuk menangkapnya. Selain itu, perubahan lingkungan akibat aktivitas manusia juga menjadi ancaman bagi spesies ini.

Fakta Unik

Ikan jelawat dikenal juga dengan nama lokal lainnya, “The Sultan Fish”, yang dikaitkan dengan klaim bahwa ikan ini adalah favorit di kalangan anggota kerajaan. Menurut cerita, pekerja istana akan pergi ke pasar dan memanggil nelayan mana pun yang memiliki ikan Sultan. Dengan kata dari mulut ke mulut, ikan ini kemudian disebut sebagai ikan Sultan. Fakta lainnya adalah ikan jelawat dapat berenang dalam kelompok 40-80 individu dengan kecepatan 0,48-1,08 km.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara