Menyelami Keajaiban Kura-Kura di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara

Hai, Sobat Jagat! Kita akan menjelajahi keindahan koleksi kura-kura yang ada di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara. Setiap kura-kura memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Yuk, kita kenali lebih dekat!

  1. Kura Semangka (Kura Air Semangka)
    Batagur Borneoensis biasa dikenal dengan Kura semangka. Namanya lucu ya? Mereka punya cangkang panjang dan datar, warnanya kaya buah semangka: hitam, oranye, dan putih. Kura semangka ini tinggal di Indonesia, loh! Kura Semangka bisa tumbuh hingga 40 cm.Tempurung mereka cenderung datar dan memanjang jika dibandingkan jenis kura lainnya. Saat ini, Kura Semangka termasuk ke dalam spesies Kura Air Tawar yang kritis terancam punah. Kita bisa temui mereka di Museum Komodo dan belajar banyak hal seru tentang mereka.
  2. Kura Sulcata (Kura Raksasa)
    Centrochelys sulcata lebih dikenal dengan sebagai Kura sulcata adalah kura terbesar di dunia! Cangkangnya kuat banget, dan bisa berat juga. Kura Sulcata jantan bisa seberat 50-100 kg, sementara untuk Kura sulcata betina sekitar 30-60 kg. Mereka berasal dari Afrika, lho! Sobat Jagat dapat mempelajari dan berinteraksi langsung dengan Kura sulcata melalui aktivitas Turtle Feeding di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara. 
  3. Kura Macan Tutul (Kura Bertanda Macan Tutul)
    Stigmochelys pardalis biasa dikenal sebagai kura macan tutul merupakan Kura macan tutul berasal dari Afrika Selatan dan Timur. Kura Macan Tutul merupakan jenis kura-kura terbesar di Afrika dengan kura dewasa mencapai panjang rata-rata 40-70 cm. Mereka memiliki corak cangkang yang unik dengan corak bintik-bintik gelap seperti macan tutul, karena inilah nama mereka berasal. Karena warna cangkang mereka bervariasi dari cokelat muda hingga cokelat tua, mereka juga bisa berkamuflase dengan baik di habitat aslinya.
  4. Kura Matahari (Kura Berwarna Matahari)
    ahari ini merupakan spesies kura menarik yang termasuk ke dalam keluarga Geoemydidae. Kura Matahari memiliki tempurung hitam dan tanda kuning kaya matahari, karena inilah mereka disebut Kura Matahari. Mereka tinggal di Indonesia juga. Meskipun pemalu, tapi mereka hebat banget lho! Karena penampilan fisiknya yang menonjol di keramaian, membuat para pemangsa waswas dengan tempurung berdurinya yang hebat.
  5. Kura Kaki Merah (Kura dengan Kaki Merah)
    Chelonoidis carbonaria atau yang umumnya dikenal sebagai Kura Kaki Merah adalah jenis kura yang berasal dari Amerika Selatan. Kura ini ketika mencapai usia dewasa panjangnya bisa mencapai 30-40 cm dan beratnya bisa mencapai 20 kg. Mereka memiliki warna merah ke oranye yang mencolok pada anggota badan mereka. Warna merah pada kakinya bikin mereka unik dan menarik serta dari itulah nama mereka berasal. Meski kecil, tapi mereka punya pesona sendiri.

 

Nah, itu dia salah satu jenis dari koleksi kura-kura yang ada di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara  . Ayo, jaga keindahan alam dan hewan-hewan ini supaya kita bisa terus belajar dan terpesona sama mereka. Sobat Jagat bisa belajar lebih lanjut terkait spesies kura-kura dan jenis reptil lainnya di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara! 🐢🌈

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara