Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara, Dibuka Kembali 7 September 2023!

Jakarta, 6 September 2023 – Museum Komodo merupakan salah satu wahana di Taman Mini Indonesia Indah yang menampilkan keanekaragaman satwa liar dan endemik Nusantara, dari kelas reptil dan Komodo itu sendiri. PT Dyandra Mitra Indah selaku partner pengelola PT Bhumi Visatanda Indonesia (Bhiva), telah melakukan proses revitalisasi pada wahana ini, yaitu Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara. Pada Kamis, 7 September 2023, pengunjung TMII dan masyarakat sudah dapat kembali mengunjungi wahana tersebut.

 

Pengunjung dapat menikmati berbagai macam experience yang baru di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara. Terdapat Zona Testudines, tempat dimana pengunjung dapat berinteraksi secara dekat dengan berbagai jenis spesies kura-kura. Kemudian pengunjung dapat menikmati keindahan berbagai macam jenis paludarium yang dirancang semirip mungkin dengan habitat asli para reptil dengan penuh estetika. Selain itu, pengunjung dapat melihat Buaya Albino dan menikmati Zona Sauria untuk berinteraksi secara dekat dengan spesies Soa dan Biawak.

Dalam upaya menjaga dan mempertahankan keberlanjutan spesies, museum ini tentunya menyajikan informasi yang mendalam tentang habitat, perilaku, dan pentingnya pelestarian komodo serta reptil-reptil lainnya yang terdapat pada masing-masing zona dan kendang tiap satwa. Hal ini sesuai dengan tujuan PT Dyandra Mitra Indah melalui Jagat Satwa Nusantara sebagai bentuk upaya mendukung pendidikan dan kesadaran lingkungan terhadap satwa nusantara.


Ery Erlangga, selaku Direktur PT Dyandra Mitra Indah menyatakan “Pertumbuhan Jagat Satwa Nusantara sebagai destinasi edukasi dan hiburan terus menginspirasi kami. Dengan bangga, kami mengumumkan pembukaan wahana kedua kami, Museum Komodo. Melalui museum ini, kami berkomitmen untuk membawa pengunjung dalam perjalanan mendalam ke dunia reptil, terutama khusus pada ikon bangsa, yaitu komodo. Dengan harapan bahwa Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara ini akan menjadi wadah pembelajaran yang menarik dan inovatif, kami mengundang semua kalangan untuk bergabung dalam upaya pelestarian dan penghargaan terhadap keanekaragaman Reptil Nusantara.”

Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara menghadirkan pengalaman unik bagi pengunjung dengan menampilkan koleksi reptil yang langka dan menakjubkan, khususnya komodo – yang merupakan salah satu satwa langka di Indonesia. Selain komodo, Museum ini mempunyai daya tarik yang beragam, salah satunya adalah ciri khas dari bentuk bangunan museum komodo itu sendiri. Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara memiliki bentuk bangunan berbentuk satwa Komodo ini menjadi rumah bagi 124 jenis satwa dan 543 ekor reptil. Terdapat spesies Biawak Totol Pohon Biru yang merupakan satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di Pulau Batanta, Raja Ampat, Papua Barat. Lalu ada Soa Layar Halmahera yang merupakan salah satu jenis kadal endemik dari Halmahera dan Kepulauan Halmahera.

Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai jenis Enclosure sesuai dengan jenis reptilnya pada area outdoor. Terdapat Enclosure Testudines dimana pengunjung dapat berinteraksi secara dekat dengan berbagai jenis spesies kura-kura, dan Enclosure Sauria dimana pengunjung dapat melihat keanekaragaman spesies kadal. 

 

Pada area indoor, pengunjung dapat melihat keanekaragaman jenis spesies Ular yang terdapat pada Paludarium yang dirancang begitu indah pada Zona Herpetofauna. Lalu, pengunjung juga dapat melihat keindahan Papua Biodome yang merupakan salah satu paludarium terbesar di Museum Komodo. Di dalam Papua Biodome, pengunjung dapat melihat beberapa jenis satwa endemik dari daerah Papua yang hidup di dalam paludarium yang dirancang khusus menyesuaikan dengan habitat aslinya. Lalu, pengunjung nantinya juga dapat menyaksikan atraksi Show and Tell mengenai hewan reptil pada Plaza Padar.

 

Dengan dibukanya Museum Komodo ini, Jagat Satwa Nusantara mengajak semua orang untuk bergabung dalam perjalanan mendalam ke dunia reptil, sambil bersama-sama menjaga keberlanjutan lingkungan dan kekayaan alam Indonesia.

 

Masyarakat dapat berkunjung dengan pembelian tiket masuk sementara mulai dari Rp 32.000 untuk hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 40.000 untuk akhir pekan (Sabtu & Minggu dan Libur Nasional). Jam operasional Museum Komodo yang berlaku, yaitu pukul 09.00 – 17.00 WIB di hari Senin hingga Jumat dan pukul 09.00 – 18.00 WIB saat akhir pekan dan hari Libur Nasional. Selamat berkunjung di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara dan menikmati keindahan wajah baru TMII.

 

***

 

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Sekar Ningrum, Public Relations Jagat Satwa Nusantara

Email : media@jagatsatwa.id

Website : jagatsatwanusantara.id

Instagram : jagatsatwa.tmii

TikTok : jagatsatwa.tmii

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara