Julung-julung Air Tawar

Ikan Julung-Julung: Satwa Unik dari Lautan Tropis

Ikan julung-julung, yang juga dikenal sebagai halfbeak atau spipefish, adalah anggota dari famili Hemiramphidae. Mereka adalah ikan epipelagik yang banyak dan tersebar luas, menghuni perairan hangat di seluruh dunia.

Morfologi dan Perilaku

Ikan julung-julung memiliki bentuk tubuh yang menyerupai torpedo, yang membantu mereka bergerak dengan cepat ketika berenang. Ciri khas mereka adalah rahang bawah yang meruncing ke depan, lebih panjang daripada rahang atas. Tubuh mereka memanjang, langsing seperti cerutu. Warna punggung mereka biru kehijauan, sementara bagian perut berwarna putih keperakan.

Ikan julung-juliung cenderung melompat dan bergerak cepat di permukaan air.

Habitat dan Makanan

Ikan julung-julung terutama ditemukan di lautan Atlantik, Pasifik, dan Samudra Hindia, meskipun beberapa juga menghuni estuari dan sungai. Mereka banyak ditemukan di daerah pantai yang kaya akan vegetasi.

Ikan julung-julung adalah omnivora permukaan yang memakan rumput laut, zooplankton, dan ikan kecil.

Ancaman

Kerusakan ekosistem terumbu karang, baik yang terjadi secara alami maupun oleh aktivitas manusia, menjadi ancaman terhadap keberlanjutan ekosistem terumbu karang, yang merupakan habitat penting bagi ikan julung-julung.

Fakta Unik

Ikan julung-julung juga terkenal karena perilaku reproduksinya yang unik. Dimana betina menyimpan telurnya di vegetasi terapung, lalu pejantan membuahinya secara eksternal, dan menjaga telur-telur tersebut sampai menetas.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara