Clown Rasbora

Ikan Seluang Badut : Badut Air Tawar Pecinta Damai

Salah satu spesies yang menarik perhatian adalah ikan Seluang Badut (Rasbora kalochroma), sejenis ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu Indonesia (Borneo, Sumatera) dan Semenanjung Malaya.

Morfologi dan Perilaku

Ikan Seluang Badut adalah spesies ikan yang kecil dan menarik. Panjang maksimum yang dapat dicapai oleh ikan dewasa adalah sekitar 10 cm. Ikan ini memiliki penampilan yang memukau dengan tubuh berwarna merah dan oranye yang dipadukan dengan bintik dan garis hitam.

Ikan Seluang Badut dikenal karena perilaku damai dan sosialnya. Spesies ini aktif dan selalu berenang, menambah gerakan dan vitalitas pada setiap akuarium. Mereka biasanya ditemukan dalam kelompok dan berburu mangsa mikroskopis seperti serangga.

Habitat dan Makanan

Ikan Seluang Badut biasanya ditemukan di aliran air lambat, rawa, dan hutan gambut di alam liar. Mereka menghuni sungai dan aliran air hitam yang terkait dengan rawa hutan purba. Air di habitat ini biasanya sangat lembut dan asam, seringkali redup karena kanopi hutan di atasnya.

Sebagai omnivora, ikan Seluang Badut membutuhkan berbagai jenis makanan untuk tetap sehat. Mereka dapat memakan berbagai jenis makanan hidup dan beku seperti udang air asin, daphnia, dan cacing darah.

Ancaman

Biotop di sebagian besar Asia Tenggara, termasuk habitat ikan Seluang Badut, sedang terancam oleh perkebunan karet/kelapa sawit, pembangunan gedung, dan aktivitas manusia lainnya.

Fakta Unik

Ikan Seluang Badut adalah spesies yang sangat populer di kalangan penggemar akuarium karena warna yang cerah, perilaku tenang, dan ketahanannya. Meskipun mereka kecil, mereka mudah dikenali berkat penampilan mereka yang menakjubkan. Mereka dapat menghindari predator karena sifatnya yang sering berkumpul atau membentuk kelompok.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara