Gurame Kaloi

Ikan Gurame Kaloi: Sirip Biru-Hijau dan Sisik Berkilauan Terbaik di Borneo

Ikan gurame kaloi berasal dari Pulau Borneo. Gurame kaloi merupakan ikan air tawar berukuran besar yang dapat tumbuh hingga panjang 50 cm

Morfologi Satwa

Ikan gurame kaloi memiliki tubuh berwarna keperakan dengan bercak-bercak hitam di sepanjang sisik. Sirip punggungnya memiliki duri yang kuat dan tajam. Gurame kaloi memiliki tubuh memanjang dengan gurat sisi yang berbeda di sepanjang sisinya. Spesies ini menunjukkan dimorfisme seksual, dengan jantan lebih besar dan menampilkan warna lebih cerah dibandingkan betina. Jantan sering kali mempunyai rona warna-warni biru-hijau yang indah di tubuhnya, sedangkan betina memiliki penampilan yang lebih lembut.

Perilaku dan Suara Satwa

Ikan Gurame Kaloi adalah ikan air tawar yang aktif dan suka bersembunyi di antara vegetasi air. Mereka memiliki suara yang khas saat berkomunikasi dengan sesama gurame.

Habitat Satwa

Ikan Gurame Kaloi banyak ditemukan di perairan tropis, terutama di sungai, danau, dan rawa-rawa. Mereka menyukai tempat-tempat yang memiliki banyak tumbuhan air.

Makanan Satwa

Ikan Gurame Kaloi adalah pemakan segala (omnivora). Mereka memakan serangga, plankton, dan tumbuhan air. Di budidaya, mereka juga diberi pakan berupa pelet dan udang.

Ancaman Terhadap Satwa

Perburuan berlebihan dan kerusakan habitat menjadi ancaman utama bagi populasi Ikan Gurame Kaloi. Perlindungan dan pengelolaan yang baik diperlukan untuk memastikan kelangsungan hidupnya.

Fakta Unik

Ikan Gurame Kaloi memiliki kemampuan berbicara dengan suara yang mirip dengan desisan atau gemerisik. Mereka juga dapat beradaptasi dengan kondisi air yang berbeda, termasuk air yang sedikit asin.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara