Ikan Tambakang

Ikan Tembakang: Tebak-tebakan, apa Namanya bibir yang bawel? Tembakang!

Ikan Tembakang atau dikenal juga dengan nama Kissing Gourami (Helostoma temminckii) adalah salah satu spesies ikan air tawar yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Morfologi Satwa

Ikan Tembakang memiliki bentuk tubuh yang dalam dan sangat terkompresi secara lateral. Sirip dorsal dan analnya panjang dan mencerminkan satu sama lain dalam panjang dan membentuk tubuh. Sirip pectoralnya besar, bulat, dan rendah. Sirip ekor berbentuk bulat hingga cekung. Ciri khas dari Ikan Tembakang adalah mulutnya yang sangat bisa memanjang. Selain itu, bibir Ikan Tembakang dilapisi dengan gigi yang keras. Namun, gigi tidak ada di premaxilla, dentaries, palatine, dan pharynx. Ikan Tembakang dapat mencapai panjang maksimum 30 cm.

Perilaku dan Suara Satwa

Ikan Tembakang dikenal karena perilaku “mencium” yang unik, yang sebenarnya adalah perilaku agresif untuk menentukan dominasi.

Habitat Satwa

Ikan Tembakang berasal dari Asia Tenggara, mulai dari Thailand hingga Indonesia. Mereka adalah ikan air tawar dan dapat ditemukan di berbagai habitat, termasuk sungai dan danau.

Makanan Satwa

Ikan Tembakang adalah omnivora, mereka makan alga, detritus, invertebrata kecil, dan fitoplankton.

Ancaman terhadap Satwa

Meskipun Ikan Tembakang tidak terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, mereka menghadapi beberapa ancaman, termasuk perubahan habitat dan perikanan berlebih.

Fakta Unik

Tembakang mudah dikenali karena bibirnya yang besar dan tebal sehingga memberikan kesan gerakan berciuman saat bertemu. Bibir ini secara khusus diadaptasi untuk memakan alga dan tumbuhan!

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara