Pari Black Diamond

Ikan Pari Black Diamond: Keindahan Misterius dari Sungai Amazon

Ikan pari black diamond atau Potamotrygon leopoldi var. black diamond adalah salah satu spesies ikan pari air tawar yang paling menarik. Spesies ini berasal dari sungai Xingu di Brasil.

Morfologi Satwa

Ikan pari black diamond memiliki cakram yang lebar, dapat mencapai 60 cm. Tubuhnya berwarna hitam dengan bintik-bintik putih yang berbeda ukuran dan bentuknya. Mata ikan ini memiliki corak marmer putih dan abu-abu. Ekor ikan ini pendek dan bulat, dengan tiga baris duri.

Perilaku dan Suara Satwa

Ikan pari black diamond adalah ikan dasar yang aktif. Mereka suka mengubur diri dalam pasir ketika merasa stres. Meskipun merupakan ikan dasar, mereka akan muncul ke permukaan untuk mencari makan.

Habitat Satwa

Ikan pari black diamond hidup di berbagai biotop, termasuk bank pasir, dangkal sungai besar, dan anak sungai yang bergerak lambat dengan substrat lumpur atau pasir. Mereka juga bergerak ke area hutan yang banjir selama musim hujan tahunan dan kemudian dapat ditemukan di danau dan kolam darat yang terbentuk oleh air banjir yang surut.

Makanan Satwa

Ikan pari black diamond adalah ikan karnivora. Mereka memakan ikan kecil, invertebrata, atau krustasea. Mereka juga suka makan udang.

Ancaman terhadap Satwa

Ikan pari black diamond terancam oleh penangkapan untuk perdagangan akuarium, yang sebagian besar menargetkan individu yang sangat muda. Kombinasi tingkat kematian yang tinggi akibat penangkapan dan aktivitas manusia lainnya membuat spesies ini sangat rentan.

Fakta Unik

Ikan pari black diamond adalah ikan tulang rawan, mereka tidak memiliki tulang. Mereka juga memiliki umur yang panjang, dengan ikan jantan dapat hidup hingga 19 tahun dan ikan betina dapat hidup hingga 28 tahun.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara