Nila Kumpay

Ikan Nila Kumpay: Satwa Air Tawar Tropis Afrika dan Timur Tengah

Ikan Nila Kumpay (Oreochromis niloticus var. longfin) adalah varietas dari spesies ikan Nila (Oreochromis niloticus), yang berasal dari Afrika dan Timur Tengah, khususnya Israel dan Lebanon.

Morfologi Satwa

Ikan Nila Kumpay memiliki bentuk tubuh yang khas. Ikan ini dapat mencapai panjang hingga 60 cm dan berat hingga 5 kg. Seperti halnya ikan Nila pada umumnya, ikan jantan biasanya tumbuh lebih besar dan lebih cepat dibandingkan ikan betina. Ikan Nila Kumpay liar biasanya berwarna coklat atau abu-abu, seringkali dengan pola pita samar pada tubuhnya, dan ekor yang bergaris vertikal.

Perilaku dan Suara Satwa

Ikan Nila Kumpay adalah ikan yang suka bergerombol dan aktif. Ikan ini biasanya lebih suka berada di perairan dangkal dan hangat.

Habitat Satwa

Ikan Nila Kumpay berasal dari Afrika, mulai dari Mesir di utara hingga Afrika Tengah dan Timur, dan sejauh Gambia di barat. Ikan ini juga merupakan spesies asli di Israel dan Lebanon. Di luar habitat aslinya, ikan Nila Kumpay telah diperkenalkan di berbagai wilayah lainnya.

Makanan Satwa

Ikan Nila Kumpay adalah ikan omnivora. Makanannya terdiri dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan kecil.

Ancaman terhadap Satwa

Ikan Nila Kumpay merupakan spesies yang penting secara komersial, baik untuk akuarium maupun akuakultur. Meskipun demikian, menurut IUCN Red List, spesies ini masih tergolong dalam kategori “Least Concern” atau “Risiko Rendah”.

Fakta Unik

Salah satu fakta unik tentang ikan Nila Kumpay adalah bahwa spesies ini sering disalahartikan sebagai ikan tilapia biru (Oreochromis aureus). Selain itu, ikan Nila Kumpay juga dikenal dengan berbagai nama lain, seperti mango fish, nilotica, atau boulti.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara