Gar Aligator Platinum

Alligator Gar Platinum: Raksasa Air Tawar

Alligator Gar Platinum (Atractosteus spatula var. platinum) adalah spesies ikan air tawar yang terkait erat dengan bowfin dalam infraclass Holostei. Ia merupakan spesies terbesar dalam keluarga gar, dan termasuk di antara ikan air tawar terbesar di Amerika Utara.

Morfologi Satwa

Alligator Gar Platinum memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan buaya, khususnya pada bagian moncong lebar dan gigi tajam panjangnya. Tubuhnya berbentuk seperti torpedo, biasanya berwarna coklat atau zaitun, memudar menjadi abu-abu atau kuning di permukaan ventral. Sisiknya tidak seperti sisik ikan lainnya; melainkan sisik ganoid, yang mirip tulang, berbentuk romboid, seringkali dengan tepi bergigi, dan ditutupi oleh zat yang mirip enamel.

Perilaku dan Suara Satwa

Alligator Gar adalah predator yang mengintai dan menyerang secara tiba-tiba, terutama memakan ikan-ikan kecil dan burung air serta mamalia kecil yang ditemukannya mengapung di permukaan air.

Habitat Satwa

Alligator Gar Platinum dapat ditemukan di perairan tawar di wilayah selatan Amerika Serikat hingga Meksiko dan menghuni terutama sungai-sungai besar yang bergerak lambat, danau air tawar, rawa-rawa, muara, dan teluk.

Makanan Satwa

Alligator Gar Platinum adalah predator yang memakan ikan-ikan kecil dan burung air serta mamalia kecil yang ditemukannya mengapung di permukaan air.

Ancaman terhadap Satwa

Populasi Alligator Gar telah hilang dari sebagian besar wilayah historis mereka sebagai akibat dari penghancuran habitat, pembantaian tidak terkendali, dan panen tanpa batas.

Fakta Unik

Alligator Gar Platinum sering disebut sebagai “ikan primitif” atau “fosil hidup” karena mereka telah mempertahankan beberapa karakteristik morfologi leluhur mereka, seperti usus katup spiral, yang juga umum pada sistem pencernaan hiu, dan kemampuan untuk bernapas di udara dan air.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara