Arwana Papua/Irian

Ikan Arwana Papua

NAMA | NAME

ARWANA PAPUA

NORTHERN SARATOGA

(Scleropages jardinii)

TAKSONOMI | TAXONOMY

Kerajaan Animalia Kingdom

Filum Chordata Phylum

Kelas Actinopterygii Class

Ordo Osteoglossiformes Order

Famili Osteoglossidae Family

Genus Skleropage Genus

Scleropages jardinii, juga dikenal sebagai Arwana Papua, adalah spesies ikan air tawar yang berasal dari Australia dan Papua Nugini. Arwana papua memiliki tubuh yang panjang dan berwarna gelap dengan tujuh baris sisik besar. Meskipun memiliki warna yang lebih kusam dan ukuran sisik yang lebih kecil, ikan ini sangat mirip dengan arowana Asia, S. formosus.

Scleropages jardinii, also known as Northern Saratoga, is a species of freshwater fish native to Australia and Papua New Guinea. The Papuan arowana has a long, dark body with seven rows of large scales. Although it has a duller color and smaller scale size, this fish is very similar to the Asian arowana, S. formosus.

DISTRIBUSI DAN HABITAT | DISTRIBUTION AND HABITAT

Arwana Papua tersebar di sebagian besar perairan Teluk Carpentaria, Queensland utara dan di Papua Nugini bagian tengah-selatan. Ikan ini menghuni perairan tenang dan jernih serta bagian aliran sungai yang lambat.

Northern Saratoga is distributed in most of the waters of the Gulf of Carpentaria, northern Queensland and in south-central Papua New Guinea. This fish inhabits calm and clear waters and slow flowing rivers.

DIET DAN NUTRISI | DIET AND NUTRITION

Arwana Papua termasuk ke dalam kategori karnivora oportunis. Mereka memakan serangga akuatik dan darat, ikan kecil, dan krustasea.

Northern Saratoga is included in the opportunistic carnivore category. They feed on aquatic and terrestrial insects, small fish, and crustaceans.

SIFAT UTAMA DAN FAKTA UNIK | KEY TRAITS AND FUN FACTS

Seperti arowana lainnya, Arwana Papua adalah ikan yang memelihara telur dan anak-anaknya di dalam mulutnya. Namun, berbeda dengan arowana Asia, yang mengerami dan memelihara telur-telur di dalam mulut adalah betina.

Like other arowanas, Northern Saratoga is a fish that keeps its eggs and young in its mouth. However, unlike the Asian arowana, it is the female who incubates and maintains the eggs in her mouth.

STATUS KONSERVASI | CONSERVATION STATUS

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List, Ikan Arwana Papua diklasifikasikan sebagai spesies “Risiko Rendah.” Perubahan habitat dan polusi sungai dapat mengancam populasi Ikan Brushmouth.

According to the International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List, Northern Saratoga is classified as a species of “Least Concern.” Habitat changes and river pollution can threaten Jumbie teta.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara