Soang Hitam

Angsa Hitam / Black Swan


Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Aves

Ordo : Anseriformes

Family : Anatidae

Genus : Cygnus

Spesies : Cygnus atratus

Morfologi Satwa

Angsa hitam adalah burung air besar dengan bulu hitam dan paruh merah. Panjang tubuhnya mencapai 110 hingga 142 cm dan beratnya berkisar antara 3,7 hingga 9 kg. Lebar sayapnya antara 1,6 dan 2 meter. Leher angsa hitam panjang dan melengkung membentuk huruf “”S””. Paruhnya berwarna merah cerah dengan ujung dan garis pucat; dan kaki serta kaki berwarna abu-abu.

Perilaku dan Suara Satwa

Angsa hitam biasanya bergerak dalam kawanan, kadang-kadang bersarang dalam koloni, dan merupakan spesies angsa yang paling sedikit teritorial. Mereka adalah penerbang yang kuat, bergerak bersama dalam formasi garis atau V, memukul sayap mereka perlahan, dan membuat suara mendesing. Di air maupun dalam penerbangan, angsa hitam membuat berbagai suara tinggi, musikal, bugling, menggonggong, atau menyerukan panggilan.

Habitat Satwa

Angsa hitam hidup di danau, sungai dan rawa-rawa, yang bisa berupa air tawar, asin atau payau. Mereka lebih suka habitat dengan vegetasi air. Meskipun habitat alami mereka adalah air, mereka kadang-kadang ditemukan di daerah daratan seperti padang rumput kering atau ladang yang banjir ketika makanan langka.

Makanan Satwa

Angsa hitam memakan tumbuhan air seperti alga, daun reedmace, dan stoneworts. Kadang-kadang mereka juga akan memakan serangga.

Ancaman terhadap Satwa

Spesies ini rentan terhadap efek polusi air melalui kehilangan makanan, atau penumpukan racun. Lokasi sarang juga terancam oleh banjir kilat. Spesies yang diperkenalkan seperti Rubah Merah Eropa (Vulpes vulpes), Anjing (Canis familiaris) dan Kucing (Felis catus) juga dapat membahayakan atau membunuh Angsa Hitam.

Fakta Unik

Angsa hitam memiliki leher terpanjang di antara semua spesies angsa. Panjang tubuh mereka bisa antara 1 dan 1,4 m panjang. Ini adalah fakta unik yang membuat angsa hitam menjadi spesies yang menarik dan eksotis.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara