Elang Jawa

Elang Jawa: Satwa Langka dan Lambang Negara

Terletak di Pulau Jawa, Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah spesies elang berukuran sedang dengan kepala coklat kemerahan dan jambul tinggi menonjol. Habitatnya terbatas pada hutan primer dan wilayah peralihan daratan-pegunungan. Sebagai pemangsa tangkas, Elang Jawa memburu beragam mangsa. Ancaman yang terus terjadi mengakibatkan terus menurunnya populasi Elang Jawa di alam, sehingga perlindungan dan konservasi yang kuat sangat diperlukan.

Morfologi dan Perilaku

Elang Jawa adalah spesies elang berukuran sedang dengan panjang tubuh antara 60-70 cm. Kepala berwarna coklat kemerahan, dengan jambul yang tinggi menonjol (2-4 bulu, panjang hingga 12 cm), dan tengkuk yang coklat kekuningan. Ketika terbang, Elang Jawa serupa dengan Elang brontok, namun cenderung tampak lebih kecoklatan dengan perut terlihat lebih gelap serta berukuran sedikit lebih kecil dan Elang Jawa memiliki suara nyaring mirip dengan Elang Brontok

Habitat dan Makanan

Persebaran elang Jawa hanya terdapat di sekitar Pulau Jawa. Keberadaannya bisa ditemui di Ujung Barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur (Semenanjung Blambangan Purwo) Pulau Jawa. Namun, habitat elang Jawa hanya terbatas di wilayah hutan primer dan wilayah peralihan antara daratan dan pegunungan. Elang Jawa adalah pemangsa yang tangkas. Dari atas ketinggian, elang Jawa akan mengikuti gerak-gerik mangsa. Lalu dengan sigap dan tangkas, dia akan menyergap aneka mangsanya yang berada di dahan pohon maupun di atas tanah. Mulai dari tupai, bajing, kalong, musang sampai anak monyet akan menjadi santapannya

Ancaman

Perburuan ilegal, hilangnya habitat alami, dan konflik dengan manusia menyebabkan Elang Jawa terancam punah, hal ini membutuhkan perlindungan yang segera dan upaya konservasi yang kuat untuk memastikan kelangsungan hidupnya di Pulau Jawa. Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN), organisasi Internasional yang berdedikasi untuk sumber daya alam, mengkategorikan Elang Jawa sebagai satwa yang terancam punah atau Endangered (EN).

Fakta Unik

Elang Jawa dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara