Keajaiban Kadal: Menelusuri Koleksi Satwa di Zona Sauria Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara

Hai, Sobat Jagat! Ayo kita pelajari satwa yang ada di Zona Sauria Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara! Di sini, ada berbagai jenis hewan keren yang bisa membuatmu terkagum-kagum. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

  1. Biawak Sungai Hitam (Varanus salvator komaini)

    Satwa reptil yang memiliki nama latin Varanus salvator komaini Ini adalah kadal yang besar dan menyenangkan! reptil yang berasal dari Asia Tenggara dan kepulauan Indonesia ini bisa berenang di air dengan sirip di atas ekornya dan memanjat pohon dengan cakarnya yang tajam. Dengan ukurannya (1,5-2 m) dan sisik hitamnya membuatnya Biawak Sungai Hitam semakin terlihat sangat menawan!
  2. Biawak Ekor Biru (Varanus doreanus)

    Wah, lihat ekor biru yang mencolok di kadal ini! Varanus doreanus atau yang umum dikenal sebagai biawak ekor biru mempunyai tubuh kuat dan sisik kasar yang membuatnya terlihat kokoh. Biawak ekor biru adalah kadal berukuran sedang, biasanya mencapai panjang 1,5-2m dari moncong hingga ekor. Warna biru pada ekornya membuatnya terlihat sangat istimewa! Spesies ini memiliki warna biru cerah pada ekornya, warna paling cerah pada biawak muda dan memudar seiring bertambahnya usia.
  3. Iguana Badak (Cyclura cornuta)

    Ini adalah kadal dari Karibia yang punya tanduk di kepalanya! Kadal besar yang ukurannya mencapai 60-136 cm ini suka hidup sendiri dan aktif di siang hari. Mereka juga dapat membangun rumah kecil untuk melindungi dirinya dari panas dan binatang buas. Warnanya abu-abu dan coklat seperti sedang memakai baju zirah, sungguh menarik! Iguana Badak memiliki rahang yang kuat, mereka dapat memakan vegetasi yang keras seperti daun kaktus. Sayangnya, satwa unik ini statusnya sudah terancam punah dan hanya bisa ditemukan di Pulau Hispaniola. Namun, jangan khawatir! Karena, Sobat Jagat dapat melihat Iguana Badak secara langsung di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara.
  4. Iguana Batu Kuba (Cyclura nubila)

    Ini adalah kadal dari Kuba yang besar dan berwarna-warni! Rata-rata panjang tubuhnya bisa mencapai 40 cm. Dia punya garis-garis dan duri yang membuatnya terlihat sangat keren di tubuhnya. Iguana kuba merupakan penggali ulung, mereka dapat menggali dan membuat terowongan bawah tangga yang rumit sebagai bentuk dari perlindungan diri dan konservasi kelembaban di daerah pantai berbatu Kuba. Iguana ini unik dan hanya bisa ditemukan di Kuba!
  5. Biawak Pohon Hitam (Varanus beccarii)

    Reptil yang berasal dari Maluku ini memiliki warna hitam yang indah. Dengan berukuran panjang sekitar 90-120 cm, mereka tinggal di hutan lebat dan suka bersembunyi di antara pohon. Dengan tubuhnya yang panjang dan ekor yang besar, dia benar-benar unik dan istimewa!

 

Jadi, jika Sobat Jagat pergi ke Museum Komodo, pastikan untuk menjelajahi Zona Sauria dan bertemu teman-teman baru ini. Mereka pasti akan membuatmu terkagum-kagum dengan keunikan dan kecantikan mereka. Sampai jumpa di Jagat Satwa Nusantara!🦎✨

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara