Belajar Mengenal Satwa yang Menyenangkan bersama Jagat Satwa Nusantara

Jakarta, 10 Oktober 2023 Jagat Satwa Nusantara telah menjadi tempat yang menarik bagi para pecinta satwa. Pada hari Sabtu (7/10), Jagat Satwa Nusantara mengadakan kegiatan edukasi bertajuk “Turtle, Torrose, Iguana, Gecko, and Snake” yang memperkenalkan dan mengedukasi peserta tentang berbagai jenis reptil yang menarik.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari drh. M. Th. Widiastuti yang merupakan Ketua PDHI Cabang DKI Jakarta dan drh. M. Piter Kombo, Head of Animal Welfare Jagat Satwa Nusantara. Lalu, Kegiatan ini dipandu oleh Dr. drh. Slamet Raharjo, Mp yang seorang ahli dalam bidang kedokteran hewan dan reptil yang memiliki pengalaman luas dalam menangani berbagai jenis hewan eksotis. Dengan wawasan mendalamnya, Dr. Slamet akan berbagi pengetahuan dan teknik perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan reptil peliharaan kita.

Secara umum, agenda workshop ini mencakup beberapa tahap penting. Pertama, peserta akan diperkenalkan pada berbagai jenis reptil yang akan dibahas dalam workshop, beserta penjelasan tentang karakteristik dan habitat asli mereka. Kemudian, Dr. Slamet Raharjo akan memberikan wawasan tentang pentingnya menjaga kesehatan reptil, termasuk pencegahan penyakit dan tanda-tanda penyakit yang umum ditemui. Selanjutnya, workshop ini juga memberikan panduan praktis tentang perawatan sehari-hari reptil, termasuk aspek makanan, lingkungan, dan perawatan sanitasi. Peserta juga akan diajarkan tentang penanganan darurat yang harus dilakukan jika reptil peliharaan mereka mengalami masalah kesehatan. Terakhir, ada sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya langsung kepada Dr. Slamet Raharjo tentang pertanyaan khusus yang mereka miliki tentang reptil.

Berikut berbagai kegiatan dan materi yang dilakukan pada kegiatan workshop ini yaitu, Handling & Restraint, PE, Sample Collection (blood, fecal, swab oral/anal, etc) yang dimana pada kegiatan ini seluruh peserta yang mengikuti workshop akan mempelajari teknik-teknik aman untuk menangani dan mengendalikan berbagai jenis reptil dan hewan eksotis, peserta juga akan mempelajari tentang pemeriksaan fisik pada hewan-hewan ini untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan. 

Selain itu, peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini dapat mempelajari Drug Application (PO, parenteral [IM, SC, Intracoelomic, etc], fluid therapy, bath/immersion, etc.), and Microchipping. Pada sesi ini, peserta akan diajarkan mengenai cara memberikan obat kepada hewan-hewan ini melalui berbagai metode, termasuk pemberian obat melalui mulut, injeksi, terapi cairan, dan perendaman. Selain itu, pada sesi Microchipping akan diajarkan bagaimana melakukan microchipping pada reptil dan hewan eksotis untuk tujuan identifikasi.

Lalu terdapat Workshop Demonstration Tortoise, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk melihat demonstrasi praktek mengenai penanganan dan perawatan. Serta Workshop Demonstration Iguana/Snake yang merupakan sesi demonstrasi khusus untuk pengenalan penanganan iguana dan ular yang terdiri dari X-Ray, Anesthesia, Surgery, Plastronotomy (tortoise) dan Laparotomy (Iguana).

Dr. Piter Kombo selaku Head Of Animal Welfare Jagat Satwa Nusantara “Dengan bekerja sama dengan ahli dalam bidang ini, seperti Dr. Slamet Raharjo, kami berharap workshop ini akan menjadi pengalaman edukatif yang bermanfaat bagi semua peserta, serta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perawatan, kesehatan, dan perlindungan reptil-reptil ini.”

Workshop ini merupakan kesempatan yang berharga untuk belajar dari seorang ahli tentang perawatan satwa reptil yang benar dan bertemu dengan komunitas pecinta satwa liar. 

***

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Sekar Ningrum, Public Relations Jagat Satwa Nusantara
Email : media@jagatsatwa.id
Website : jagatsatwanusantara.id
Instagram : jagatsatwa.tmii
TikTok : jagatsatwa.tmii

Berlangganan Layanan Email Kami

Dapatkan informasi mengenai Promo dan Kegiatan di Jagat Satwa Nusantara